Berbagi Harapan dari Secercah Niat Baik


 Jujur, saya termasuk orang yang suka berandai – andai, berandai – andai memiliki rezeki yang lebih banyak dari sekarang. Dengan rezeki yang berlebih tersebut, saya bisa lebih banyak berbagi dengan orang- orang di sekitar saya yang membutuhkan dan perandaian lainnya yang mungkin membuat saya dapat lebih banyak memberikan manfaat bagi orang lain. Tapi lucunya, justru saat saya memiliki rezeki lebih, munculah satu dua hal lainnya yang kemudian membuat saya  berpikir berkali – kali lagi akan apakah jumlah yang saya  keluarkan untuk berbagi tidak terlalu besar ? Apakah uang saya tidak akan cepat habis jika saya mengeluarkan sebanyak itu ? dan keraguan – keraguan lainnya yang muncul begitu saja di benak saya. Sementara itu, menunggu untuk mendapatkan rezeki yang berlebih juga menjadi problemitas. Masalahnya, memang sudah dapat di pastikan kapan dan apakah iya, saya akan mendapatkan rezeki berlebih? Walaupun memang, rezeki, jodoh, dan maut sudah menjadikan suatu ketetapan Yang Maha Kuasa dan tidak akan pernah tertukar.




                Namun, salah satu wejangan yang saya dapatkan dari salah satu ustadz favorit saya terus terngiang, dalam ungkapannya beliau menyatakan “ Perbuatan apa yang dilewatkan dan membuat seseorang yang sudah meninggal ingin kembali ke dunia ? “ dan jawabannya adalah bersedekah. Rajin bersedekah dan rutin dilakukan. Sekecil apapun sedekah yang kita berikan kepada orang – orang yang ada di sekitar kita, ternyata mampu menjadi cahaya penerang bagi kita, ketika berada di alam kubur kelak. Bahkan, ketika seseorang memberikan makan untuk seekor kucing pun, diharapkan kucing tersebut yang akan menjadi jembatan penolong kita di akherat, Wallahualam Bhisawab. Berbekal sedikit ilmu tersebut, saya kemudian mencoba menguatkan hati, bahwa saya ingin lebih banyak lagi berbagi. Tak usah menunggu ketika memiliki rezeki berlebih, toh bukankah justru dengan bersedekah Allah bahkan akan menggantinya dengan berlipat ganda ? Manusia seringkali melupakan perkara tersebut, namun bukan pura-pura lupa. Hanya saja, keimanan yang masih mudah tergoda (percayalah, saya juga salah satu di antaranya :D).


                Seperti ibadah yang Rasulullah SAW selalu lakukan setiap harinya, yang salah satunya sedekah. Gara – gara niat saya tersebut setiap saya pulang pergi ke kampus atau berpergian ke tempat laiinya, saya hampir selalu menengok sana-sini untuk mencari siapapun yang dapat saya bagi pada hari itu. Tetapi, saya kemudian sadar juga bahwa saya tak melulu akan menemukan mereka – mereka yang membutuhkan pertolongan setiap saat di sekitar saya. Ada kalanya, saya sama sekali tidak bertemu mereka. Inilah yang justru menjadi penghambat dalam bersedekah (alasan:D).


Scroll
di media sosial sana –sini, saya kemudian beberapa kali menemukan iklan mengenai beberapa lembaga yang menawarkan fasilitas untuk bersedekah.  Lembaga tersebut biasanya menunjukkan alamat pengiriman hingga nomor rekening yang dapat dituju si calon yang bersedekah. Ingin fleksible dan ingin dapat bersedekah setiap harinya, saya pun mencatat berbagai nomor tersebut. Sasarannya bermacam – macam, ada yang untuk lembaga pendidikan, untuk kesehatan, ibadah dan lain halnnya. Namun, sayangnya ternyata setelah saya mengirimkan jumlah sedekah tersebut, lagi – lagi saya masih harus mengonfirmasinya lewat chat, dari aplikasi chat. Jadi, tetap ada nomor-nomor tertentu yang harus dicatat. Menurut saya, cara seperti ini sedikit ribet, terlebih untuk saya yang sering ceroboh menjaga barang-barang yang saya miliki, apalagi menggunakan aplikasi yang berbeda lagi, terkadang saya malah jadi lupa tidak mengirimkan bukti transfer atau malah lupa dimana foto bukti transfernya, hmmm. Apalagi kalau justru saya malah lupa sama sekali tidak memotret bukti transfer, ingat-ingat saat lagi di luar rumah. Alhasil, jadi berusaha mengingat-ingat dimana saya menyimpan bukti transfer tersebut, sambil obrak – abrik tas  (Pelupa sekali orangnya :D).
Gara – gara hal tersebut, saya jadi berandai-andai lagi!! :D.


"Coba saja, ada aplikasi praktis yang membuat saya bisa bersedekah dengan mudah, tanpa harus ribet, semua sepaket !! Berbagi, jadi lebih membahagiakan, pasti ! "



Hingga akhirnya, saya pun menemukan dompet Dhuafa!! Yang tidak hanya menawarkan kemudahan dalam berbagi, tetapi juga memberikan kesempatan bagi siapapun yang berpartisipasi dan menjadi bagian dari tim mereka !! Tim apa sih? Jadi, ternyata lembaga ini, tidak hanya mengajak kita untuk lebih rajin bersedekah, melaksanakan zakat, atau berinfak saja, tetapi juga mengajak kita untuk sama-sama mengentas kemiskinan melalui membangun Indonesia! Keren Kan?  , bahkan memiliki berbagai program yang meliputi berbagai bidang ! Jadi, kita si donatur di sini dapat memilih mau concern sama bidang apa.


So, dompet dhuafa bukan hanya paket lengkap untuk membantu bersedekah saja, tetapi juga menjadi tanpa sadar kita juga jadi ambil bagian dan diajarkan untuk menjadi lebih peka terhadap lingkungan sosial di sekitar kita !! Lengkapnya, bisa kalian lihat di www.dompetdhuafa.org di bagian toolbar, kalian bisa pilih "program" dari situ kalian bisa baca ulasannya terlebih dahulu mengenai program - program berbagai bidang yang dijalankan dompet dhuafa tersebut.

Nah, jika sudah mantap ingin menjadi donatur, di laman  donasi.dompetdhuafa.org sudah lengkap semua formulir identitas kalian, apa jenis berbagi yang ingin kalian lakukan, hingga sasaran mana yang ingin kalian tuju, anti ribet kan? Masya Allah, sudah lengkap semua !! sekarang saya berbagi, saya bahagia :D

“Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Jangan Takut Berbagi yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa”

Komentar

Postingan Populer